Thursday, September 12, 2013

Pesan Tiket Kereta Api via BlackBerry


Pengen bepergian naik kereta api? Ya memang sekarang ini pelayanan PT KAI sudah menuju ke arah yang lebih baik. Dalam urusan pemesanan tiket pun sekarang sudah tidak memungkinkan melalui calo yang kerapkali merugikan tersebut. 

Akhirnya orang orang malas pun bermunculan salah satunya saya. Karena tidak mungkin sekali untuk pesen tiket di Stasiun langsung karena stasiun terdekat dari tempat saya tinggal 45 menit perjalanan motor. :/ dan untuk menuju ke Indomaret atau alfamart ataupun kantor pos terdekat juga males keluar, akhirnya saya mencoba book via situs http://tiket.kereta-api.co.id . Yup, saya yakin anda sekalian sudah paham bagaimana caranya. Secara ringkas step nya adalah sebagai berikut :
 

1.      Masuk ke situs tersebut
2.      Pilih tanggal bepergian
3.      Pilih stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan
4.      Pilih kereta yang dikehendaki
5.      Pencet tombol book
6.      Isi data pemesan dan penumpang. Cocokan dengan KTP anda karena ada kolom mengisi No. ID. Jangan lupa isi email juga ya.
7.      Pilih kursi tempat duduk
8.      Akan tampil kode pembayaran yang bisa anda bayarkan melalui berbagai macam cara. Saya pilih lewat ATM BCA
9.      Berhubung yang satu ini belum bisa dilakukan via Mobile BCA (atau ada yang tahu caranya?) saya akhirnya terpaksa menuju ke ATM BCA terdekat yang sebenernya berada di Indomaret yang tadi saya bilang males mendatangi. Hahaha
10.  Nanti pilih transaksi lain – pembayaran – other / lainnya
11.  Pada saat layar meminta kode perusahaan, isikan 711711 . itu kode untuk PT KAI
12.  Lalu masukkan kode pembayaran yang tadi
13.  Konfirmasi dengan pastikan data yang tampil benar.
14.  Apakah anda akan melakukan pembayaran? Tekan OK
15.  ATM akan memproses dan mem-print out bukti pembayaran
16.  Bukti ini bisa langsung ditukar di stasiun keberangkatan. Selain itu, apabila telah lunas, maka kita juga akan dikirimi bukti pembayaran dan informasi pemesanan melalui email dalam bentuk file PDF

Nah, yang jadi permasalahannya sekarang adalah ketika saya hendak pesen tiket secara online lagi, pulsa modem habis. Akhirnya saya coba browse situs tiket online kereta api tersebut melalui browser BlackBerry dan dapat berjalan layaknya pada desktop. Namun, setelah sampai pada step ‘book’, tidak ada field untuk memasukkan informasi penumpang. Bagaimana ini?

Akhirnya, saya menemukan jalan keluarnya! Yeay, ternyata di BlackBerry AppWorld menyediakan Aplikasi Pemesanan Tiket PT KAI. Yes! File dengan kapasitas 1,7 Mb tersebut langsung menjejal si bebe dan akhirnya saya bisa book tiket dengan lebih mudah.
Tampilan Utama Aplikasinya

Secara umum stepnya adalah :
1.      Download aplikasi PT Kereta Api Indonesia di BlackBerry Appworld
2.      Install
3.      Setelah terinstall,  jalankan dan ikuti petunjuk untuk mengoperasikannya. Gampang kok!
4.   Nah, setelah sampai pada item “menunggu pembayaran”, maka saya tadi melakukan pembayaran sama persis dengan cara yang diatas tadi (pergi ke ATM BCA dst)
Contoh hasil konfirmasi

Oke, sepertinya begitu dulu yaa.. ;)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...